Monday 29 May 2017

Ini dia Cara Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis Ketika Komputer Startup

Cara Simple dan Mudah Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis Ketika Komputer Startup

Hai-hai everyone ...
Come back again with me Lipson Frananda in my article about IT,
Saat ini saya mau berbagi ilmu serta pengalaman nih, yaitu tentang bagaimana cara mengatasi windows explorer yang terbuka secara otomatis, bagi teman-teman yang pernah mengalami bahkan sedang mengalami masalah ini, yang mana biasanya saat kita baru nyalain komputer atau leptop halaman libraries nya muncul pada saat startup windows 7, kan biasanya kalau kita baru nyalain komputer seharusnya halaman libraries ini gak akan muncul, kecuali kita sudah meng-klik folder kuning windows atau CTRL + E, lalu kenapa tiba-tiba librariesnya terbuka sendiri, terkadang bagi teman-teman yang baru pernah ngalamin ini pasti sebagian dari mereka akan panik, bahkan yang baru tau mengoperasikan leptop pun demikian, dan mereka juga kebanyakan pasti berfikir pasti ada yang tidak beres pada leptop mereka, ternyata eh ternyata ... bukanlah demikian, masalah ini bisa kok kita atasi sendiri tanpa kita membawa leptop kita ke tempat servis atau kita juga tidak perlu instal ulang leptop kita, oke biar tidak membuang-buang waktu karna terlalu banyak cerita kita langsung aja ke inti permasalahan, check it out ...

Kasus Widows Explorer muncul otomatis ini di penyebab utamanya adalah terdapat folder tersebunyi (hidden) yang berada pada startup. Foder tersebut adalah Shortcut Windows Explorer yang akan berfungsi otomatis ketika komputer dinyalakan (startup) bahkan ketika kita merestart komputer.
Ini dia cara  mengatasi windows explorer terbuka secara otomatis saat startup
Untuk mengatasi masalah ini kita bisa memecahkannya dengan 4 cara, anda bisa pilih cara mana yang ingin anda coba dan yang anda anggap lebih mudah
1.     Hapus folder shortcut windows explorer
Cara yang sudah terbukti succes dalam memecahkan masalah libraries yang selalu muncul otomatis saat startup ini adalah dengan menghapus folder shortcut windows explorer, tapi ingat yah, ini perlu di ingat kiata bukan menghapus windows explorer yang tampil di taskbar ! jika anda menghapus windows explorer di taskbar nanti kedepannya anda akan kesulitan jika ingin membuka halaman libraries, dengan cara ini masalah tidak akan teratasi malainkan menambah masalah hehehe.
Folder shortcut windows explorer yang harus dihapus adalah yang berada di dalam Accecories windows, untuk menghapus kita mesti menampilkan dulu setiap file dan folder yang statusnya tersembunyi (terhidden). Caranya silahkan anda buka halaman windows explorer kemudian pilih dan klik Organize kemudian selanjutnya kllik Folder and search options
Sekarang anda klik pilih tab view kemudian untuk menampilkan seluruh file dan folder yang tersembunyi. Kita mesti memilih Show hidden files, folder, and drivers pada opsi Hidden files and folders.
Jika sudah menampilkan semua file dan folder yang tersembunyi seperti langkah diatas, dan kemudian klik Apply dan Ok, kemudian selanjutnya kita menghapus shortcut windows explorer silahkan anda buka Local Disk (C:) dari halaman windows explorer, kemudian buka folder users >’Nama User Komputer’> AppData> Roaming> Microsoft> Windows> Start Menu> Programs> Accessories. di halaman Accessories akan terlihat jelas ada shortcut windows explorer, nah selanjutnya anda harus menghapus folder shortcut windows explorer tersebut dan langkah terakhir Restart komputer atau leptop anda.
Jika sudah selesai di Restart, maka masalah halaman Libraries muncull otomatis saat startup akan hilang entah kemana hahaha
2.     Periksa Folder Startup
Jika cara pertama tidak berjalan dengan lancar atau membuahkan hasil artinya windows explorer masih tetap muncul pada saat komputer baru dinyalakan. Maka silahakan coba lakukan langkah atau cara ke dua ini, anda periksa folder startup, kemudian shortcut windows explorer berada disini. Seluruh file dan folder yang berada di folder startup akan berfungsi otomatis ketika komputer dinyalakan
untuk mengecek folder startup silahkan anda klik pilih Start > All Programs > Startup. Lihat apakah didalamnya terdapat Shortcut Windows Explorer atau tidak ! jika ada, silahkan anda hapus saja. Namun jika ternyata kosong (empty), silahkan anda aktifkan Run Windows. Caranya tekan secara bersamaan logo Windows+R pada keyboard kemudian pada kotak Run ketik msconfig dan tekan Enter. Kemudian cek pada tab Startup dan pastikan tidak ada aplikasi Explorer.exe yang aktif atau di centang (checklist). Setelah itu restart kompute atau leptop dan lihat hasinya.

3.     Mengcek Registry Windows
masih belum bekerja juga? Wah bahaya nih hehehehe just kidding
jangan menyerah mari kita coba cara ke tiga, cara ketiga ini kita harus masuk ke halaman Registry Windows. Untuk masuk ke halaman Registry silahkan anda gunakan menu Run dengan menekan tombol logo Windows+R pada keyboard. Kemudian ketik regedit pada kotak Run dan Tekan Enter, selanjunya buka path HKEY_LOCAL_MECHINE > Softwere > Microsoft > Windows NT > Currentversion > Winlogon. Pastikan pada kolom sebelah kanan tepatnya pada item Userinit berisi “C:\Windows\system32\userinit.exe” kemudian pada item shell harus berisikan “Explorer.exe”. jika kedua item tersebut tidak berisi seperti yang sudah saya instruksikan, maka silahkan anda mencentang nya secara manual.

Sekarang Restart komputer atau leptop anda dan lihat hasil perubahannya apakah halaman Windows Explorer masih terbuka otomatis ketika Startup atau tidak?

4.     Uncheklist Restore Previous Folder Windows at Logon
Belum bekerja juga langkah-langkah yang sudah kita buat ? wah-wah-wah betul-betul ngambek kompuer kamu hahaha
Ayo mari kita coba langkah berikutnya dan ini mungkin akan bekerja sekaligus langkah terkhir kita, kemungkinan lain jika masalah windows explorer masih terbuka otomatis saat startup komputer adalah pada Restore Previous Folder di centang/cheklist. Untuk memastikan silahkan anda buka lagi Folder and Search option seperti langkah pertama. Kemudian kli pilih lagi Tab View dan pastikan pada opsi Restore Previous Folder Windows at Logon tidak dicentang
Untuk melihat hasilnya seperti biasa anda harus Merestart komputer dulu, menurut pengalaman saya dengan langkah-langkah diatas masalah halaman Libraries ini akan mudah teratasi, sebagai contoh, baru-baru ini komputer saya juga mengalami masalah ini, saya juga sempat bingung di buatnya, setelah saya search di internet ternyata saya mendapatkan tips terbaik ini, bahkan dengan saya menggunakan langkah yang pertama komputer saya langsung teratasi, namun jika masalah tersebutbelum juga teratasi meski sudah mencobah ke empat langkah ini, jalan satu-satunya coba anda install ulan Windows anda.
Ok terimakasi sudah menyempatkan diri untuk membaca artikel saya tentang cara mengatasi windows explorer terbua otomatis ketika komputer startup, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu anda.
Jika ada pertanyaan bahkan kritikan tolong berikan komentar nya.


THANK YOU VERY MUCH

3 comments:

  1. Terimakasih min, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kembali sudah berkunjung di blog saya

    ReplyDelete
  3. Terimakasih kembali sudah berkunjung ke blog saya

    ReplyDelete

Search This Blog