Sunday 1 July 2018

SUDAH RUBAH FORMAT FLASH DISK MENJADI FAT32, TAPI GAK BISA JUGA MUTAR LAGU DI TAPE MOBIL, INI DIA MASALAHNYA


Hello everyone, disini saya ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang teman-teman ajukan di kolom komentar article saya yang berjudul Cara Mengatasi Lagu MP3Yang Tidak Bisa Diputar Di USB Tape Pada Mobil. Saya meminta maaf sebelumnya karena tidak langsung memberi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang teman-teman ajukan kepada saya, ini karena ada lain hal yang membuat saya tidak sempat untuk memberi jawaban dari semua pertanyaan itu. Sangat banyak pertanyaan yang saya baca dan berbeda-beda pulak masalahnya, jenis pertanyaan yang diajukan diataranya :

1.      Mas, saya udah ikutin langkah-langkah yang di ajukan oleh mas, tapi kenapa masih tetap lagu-lagu yang sudah saya pindahkan ke dalam  FD (Flash Disk) gak kebaca juga?

2.       Artikel bermanfaat namun masih belum membantu kesulitan saya mas.
Fdisc 8Gb Sandisc blum bisa mutar di hampir smua music box tp di mobil lancar.. gimana mas ada solusi..?

3.      Aku udah coba mas di fd toshiba, tpi yang ke puter cuma beberapa aja, gimana ya itu?

4.      Sudah di coba, pake Flask disk Sony 16 gb. Tetep ga bisa, mohon pencerahan

 

5.      Yang bisa di putar cuma sebagian lagu saja gak bisa semua di putar kenapa ya?.. Pas di cek di laptop semua lagu mp3 nya hilang.

6.      Gan,mau tanya nih, pas mau mulai ng-format FD nya emang lama ya jangka waktu nya sampai selesai?? Padahal data yg mau di format gak besar kapasitasnya.
Mungkin ini adalah beberapa dari banyaknya pertanyaan yang saya dapatkan di kolom komentar article saya, dan sebenarnya beberapa waktu lalu saya sudah menjawabnya langsung, tapi disini saya ingin membagikan nya, siapa tau ada teman-teman yang mendapatkan masalah yang sama dan memang bembutuhkan bantuan yang saya berikan ini. Biar tidak membuang waktu lebih lama lagi mari kita bahas.
Dari pertanyaan yang pertama ini memang banyak diantara kita yang mengalaminya, karena tidak tahu betul spesifikasi dari audio USB/ Tape mobil yang di gunakan, dan memang, perihal tentang spesifikasi Tape ini jarang di bahas di buku panduan penggunanya, sehingga menyulitkan kita untuk mengetahui berapa besar kapasitas flash yang dapat di gunakan untuk memutar lagu di tape mobil kita. Terdapat beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada audio USB. Pertama yaitu USB yang tidak dapat membaca data. Permasalahan ini banyak terjadi dan tidak dikarenakan head unit yang bermasalah akan tetapi karena kesalahan dari penggunanya. Kesalahan paling sederhana yang sering dilakukan adalah memasang USB yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan dengan kapasitas dari tape USB tersebut. Setiap USB Yang terpasang pada audio USB pada mobil akan membaca keseluruhan data yang ada di dalam folder USB tersebut sehingga membutuhkan daya serta memori yang besar untuk melakukannya. Solusinya adalah sebaiknya gunakan USB yang memiliki kapasitas yang kecil sehingga memudahkan head unit audio untuk membaca isi dari USB tersebut karena masing-masing audio USB pada mobil sudah dirancang dengan kapasitas tersendiri dan tidak terlalu besar. Kapasitas USB maksimal yang sebaiknya Anda gunakan adalah 1 GB atau 2GB serta gunakan sistem folder untuk memperingan kerja head unit dan hindari untuk mencolokkan harddisk karena akan membuat sistem tidak dapat membaca data di HDD eksternal tersebut.
          Sebenarnya cara yang sudah saya jelaskan di atas sudah mampu menjawab beberapa pertanyaan dari teman-teman semua, namun kalau masalah “Flash Disknya kebaca dan bisa memutar lagu tapi masalahnya lagu yang di putar tidak semua dalam arti yang keputar oleh audio itu cuman beberapa saja dan ada juga yang bilang kalau lagu yang sudah di pindahin ke Flash Disk tadi sebagian hilang waktu di cek di leptop” nah, kalau permasalahan ini coba anda cek Format dari lagu-lagu yang anda telah pindahkan mungkin itu yang menjadi masalahnya, karena tidak semua jenis Format lagu yang bisa di putar di audio USB/ tape mobil. Dan kalau seandainya lagu-lagu yang anda putar di FD sebagian hilang, besar kemungkinan FD kena virus, itu menurut saya yah, kalau memang pendapat dari teman-teman berbeda yah saya minta maaf, dan pertanyaan terakhir yan g bilang “ Gan, mau tanya nih, pas mau mulai ng-format FD nya emang lama ya jangka waktu nya sampai selesai?? Padahal data yg mau di format gak besar kapasitasnya “ sebenarnya kalau nge-format FD yang akan di gunakan ini gak terlalu lama-lama amat paling 1-2 menit juga udah selesai kok, itu yang paling lama menurut saya dan gak lebih, kecuali ada masalah dalam langkah-langkah nge-format, mungkin saja masalah anda ini bisa terjadi.
            Dan mungkin itu saja jawaban yang bisa saya berikan dari pertanyaan teman-teman semua, dan apa bila ada yang salah dari jawaban saya tolong di benarkan dan tulis di kolom komentar di bawah ini, dan jika ada saran jangan lupa di tulis juga di kolom komentar di bawah.
             Disini saya hanya berbagi bukan bermaksud meng-gurui teman-teman semua, karena menurut saya tiada kata yang lebih indah selain kata “BERBAGI” khususnya berbagi pengetahuan dan pengalama.
THANK YOU FOR YOUR ATTANTION

12 comments:

  1. Oengalaman saya kalo sebagian yg bisa, itu dusebabkan downloadnya gak sempurna. Kadang dusetel dilaptop bisa tapi di flashdisk atau di ho gak bisa. Gunakan yrknik download yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak pak buat masukannya, dan ini menjadi pelajaran baru buat saya kedepannya.

      Delete
  2. kalau saya masalahnya bisa dicopy dan pisa di putar tapi setelah dicolok di mobil pertama bisa kemudian di cabut menitan dalam lagu jika di cek di laptop menjadi 00:00 alias tidak di putar ini disebabkan oleh lagu tersebut protectednya yes jika di cek di file music detile maka harus dirubah dulu menjadi protected no. untuk caranya bisa cari di google. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas, buat masukannya.ini akan menjadi ilmu baru buat saya.

      Delete
  3. awalnya usb di putar di tape mobil kalau kita matikan lalu dinyalakan lagi musiknya nyambung tetapi setelah saya tambahkan lagu diputar bisa tapi kalau dimatikan maka dia akan ulang kembali ke lagu awal ( pertama ) gimana caranya balikin seperti yang awal yah ( yang bisa nyambung jangan ulang ke awal lagi )...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, mohon kalau ada solusinya bisa dishare disini.. thx

      Delete
  4. Pak , mau Tanya ini sya sudah terlanjur beli fd 64gb , Dan format Fat32 , cuma beberapa lagu bisa di mobil , tpi kenapa di speaker nggk bisa ya Pak ? Terimakasih

    ReplyDelete
  5. MASALAHNYA BUKAN DI TAPE NYA TAPI MENGAPA FLASDISK RUSAK ATAU KORUP KETIKA DIISI FILE MP3 SAYA PENJUAL FLASDISK DAN DARI SERATUS BIJI 75 BUAH FLASDIKS TIDAK BISA DIISI MP3 DIISINYA BISA PALING YANG BISA DIPUTAR 5 LAGU PADAHAL ISINYA 10 SAMPAI 50 LAGU....PERTANYAAN APA YANG RUSAK...KALAU FLASDISK GIMANA CARA PERBAIKI...TERUS MENGAPA PABRIKAN MENJUAL PRODUK YANG BELUM DIUJI...KITA JADI KORBAN

    ReplyDelete
  6. If you're looking to burn fat then you have to jump on this totally brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks have joined together to develop keto meal plans that are powerful, convenient, price-efficient, and delicious.

    Since their launch in early 2019, hundreds of clients have already remodeled their body and well-being with the benefits a great keto meal plan can give.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-tested ones provided by the keto meal plan.

    ReplyDelete
  7. Saya baru saja menyalin lagu dari hp ke plash disc pakai OTG,kenapa setelah di cabut dari hp ga bisa di putar di USB,mohon solusinya

    ReplyDelete
  8. Saya baru saja mindahin lagu dari laptop ke flashdisk. Tapi kenapa diflasdis tidak bisa diputar. Padahal udah diformat fat32

    ReplyDelete
  9. Kalau saya lagunya pertama bisa di putar pas terus pas colok ke musik box dll gx bisa kebaca pas konekin ke hp pake otg ada pas di putar kaga bisa malah apa itu harus di rubah sistem file nya yg pas format iya

    ReplyDelete

Search This Blog